Jumat, 11 Juni 2010







FILM JIM JAM DAN SUNNY VERSUS LITTLE EINSTEIN




DATA UMUM JENIS : FILM KARTUN
JUDUL : LITTKE EINSTEIN
DURASI : 01:09:24
PENYAMPAIAN CONTENT :FILM KARTUN BERWARNA
CONTENT : :

• BERCERITA TENTANG LEGENDA PIRAMID DI MESIR.
• MENEMUKAN HARPA EMAS YANG DIGUNAKAN UNTUK ALAT BERYANYI DAN AGAR DAPAT MEMBEBASKAN MUSIK YANG TERKUNCI DALAM PIRAMID EMAS.
• ADANYA MISI UNTUK MENEMUKAN LAYANG-LAYANG NAGA YANG HILANG DAN MENYELAMATKAN UNTUK PAWAI LAYANG-LAYANG NAGA.
• MENOLONG PESAWAT UNGU TERBANG, MENYELAMATKAN HELIKOPTER HIJAU TERSANGKUT DI POHON.

MATERI YANG INGIN DISAMPAIKAN :
• BELAJAR TENTANG SEJARAH MESIR KUNO DENGAN MEMBACA HIEROGLIF.
• BELAJAR MENGETAHUI PAWAI LAYANG-LAYANG NAGA DI TEMBOK CINA, MULAI NAGA BESAR BIRU, KUNING DAN NAGA PALING BESAR ORANYE.
• BELAJAR UNTUK SESAMA TEMAN, TERDAPAT : MENOLONG PESAWAT UNGU AGAR DAPAT TERBANG TINGGI DAN MENOLONG HELIKOPTER HIJAU DARI PHON CEMARA YANG TINGGI.
• SEGALA SESUATUNYA DILAKUKAN DENGAN DI IRINGI MUSIK DAN BERYANYI.

SASARAN PEMBACA :• ANAK USIA 7- 10 TAHUN.

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN PENGEMASAN MEDIA :

KELEMAHAN : LINGKUNGAN MEDIA KURANG SESUAI DENGAN KEHIDUPAN ANAK ANAK. DALAM FILM INI DICERITAN KEHIDUPAN ANAK KECIL YANG MAMPU MEMBUAT ALAT-ALAT CANGGIH SEPERTI ROKET DAN LAIN-LAIN. DENGAN BACKGROUND SEPERTI INI ANAK KURANG DAPAT MENERIMA PESAN YANG INGIN DISAMPAIKAN.

KELEBIHAN : ISI CERITANYA PENUH DENGAN ILMU PENEGTAHUAN SEPERTI PENGETAHUAN TENTANG MUSIK, SEJARAH, DLL.

TEORI YANG RELEVAN :
TEORI PIAGET PADA TAHAP PRA OPERASIONAL YANG BERCERITA TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK –ANAK AWAL YANG MAISH BERSIFAT FANTASTIS DAN BEBAS. PADA USIA INI YAKNI 2-7 TAHUN ANAK MULAI MENGGAMBARKAN DUNIANYA DENGAN KATA DAN GAMBAR SEPERTI ANIMISME DAN INTUITIF.


DATA UMUM :
JENIS : FILM
JUDUL : JIM JAM AND SUNNY
DURASI : 45:02
PENYAMPAIAN CONTENT :
BONEKA ORANG BERWARNA DAN MAINAN BERGERAK BERWARNA
MATERI YANG INGIN DISAMPAIKAN :
• BERCERITA TENTANG PERMAINAN EKSPERDISI JIMJAM DAN SUNNY PENCARIAN HARTA KARUN DI RUMAH.
• BERCERITA TENTANG JIM JAM DENGAN WARNA HIJAU
• BERCERITA TENTANG SUNNY SI RATU MERAH
• BERCERITA TENTANG KEGIATAN JIM JAM SEBELUM TIDUR KETIKA TIDAK BISA TIDUR.
• BELAJAR TENTANG WARNA
• ALAT-ALAT UNTUK MENGHANGATKAN BADAN, MELINDUNGI DARI HUJAN, MENCARI KUNCI
• BELAJAR MERAPIKAN MAINAN SETELAH DIBUAT BERMAIN
• BELAJAR MELUKIS
• BELAJAR TENTANG BUNGA DAN APEL
• BELAJAR TENTANG BERBAGAI KEGIATAN YANG MENYENANGKAN DI TEMPAT TIDUR.
SASARAN PERMBACA : ANAK USIA 4-8 TAHUN

PENGEMASAN MEDIA
KELEMAHAN : MATERI YANG DIBERIKAN DALAM 1 CERITA KURANG VARIATIF
KELEBIHAN : MATERI SANGAT SESUAI DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI ANAK

TEORI YANG RELEVAN :
TEORI PIAGET PADA TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRA OPERASIONAL
TEORI TUGAS PERKEMBANGAN HAVIGRUST








ANALISIS DARI KEDUA MEDIA :
1. MEDIA FILM JIM JAM AND SUNNY

Media yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Salah satu bentuk media yang tepat adalah media televise yang mampu menayangkan sebuah film yang menarik bagi anak serta mampu memberikan sebuah informasi yang penting bagi perkembangan kognitif anak.

Menurut Dr Frieda Mangunsong, M.Ed, Associate Professor dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, film adalah salah satu media yang mampu mempengaruhi anak-anak bahkan sejak mereka bayi sekalipun. Dari film, anak-anak bisa mendapatkan berbagai hal mulai dari meniru kata-kata, mengenal warna, benda, gerakan, musikalitas, ritme dan banyak hal.
Film Jim Jam dan Sunny akan sangat menarik bagi anak. Penyebabnya adalah anak-anak sangat menyukai hal-hal yang berwarna-warni, berbentuk unik dan lucu serta memberikan banyak tema atau pengetahuan. Melalui tayangan yang sangat menghibur ini, secara tidak langsung anak akan dapat mepelajari banyak hal dan menyimpannya dalam memori dengan lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena pada masa anak-anak otak berkembang dengan pesat dan jauh lebih baik daripada orang dewasa.


Film Jim Jam dan Sunny mampu memberikan sebuah pengetahuan dasar kepada anak seperti pengetahuan mengenai pengenalan berbagai warna, bentuk dan lain-lain. Selain itu film ini mengajarkan beberapa keterampilan dasar yang sangat penting bagi perkembangan anak seperti mengenali alat-alat tertentu beserta fungsinya, mengembangkan kreativitas seperti melukis. Melalui metode ini anak akan cepat belajar dari perilaku yang dilakukan Jim Jam dan Sunny beserta teman-temannya dengan cepat. Perilaku ini dapat terjadi karena perlu diketahui bahwa usia ank-anak adalah usia dimana anak senang melakukan modeling atau peniruan terhadap berbagai objek lingkungannya yang dianggap sebagai sesuatu yang menarik seperti film Jim Jam dan sunny.

Dalam film ini juga menceritakan tetang imajinasi seorang anak seperti Jim Jam yang berkhayal tentang berbagai kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat tidur. Dia bermain sebagai seorang pelaut, bermain penemuan harta karu di bawah tempat tidur yang diibaratkan sebagai sebuah goa. Dan ketika seorang anak melihat film ini, dia akan merangsang pengetahuannya untuk melakukan hal serupa serta mengembangkan imajinasinya dengan baik. Dia belajar untuk menganalogikan sesuatu seperti cerita di fil Jim Jam dan Sunny dengan hal lain. Pada usia anak-anak kemampuan menganalogikan sesuatu berkembang dengan baik dibanding orang dewasa. Kemampuan anologi tersebut akan mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Film Jim Jam dan Sunny memberikan gambaran sebuah kehidupan anak-anak yang berwarna dan menyenangkan. Anak-anak akan merasa terhibur melihatnya. Selain beberapa manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, ada satu hal yang bagus dan penting dalam cerita fil Jim Jam dan Sunny. Pada akhir penayangan selalu diperlihatkan bagaimana Jim Jam dan Sunny selalu merapikan mainan yang telah mereka gunakan untuk bersenang-senang dalam satu cerita tersebut. Satu lagi ilmu tentang bagaimana menjadi seorang anak myang mandiri dan bertanggung jawab terhadap sesuatu yang telah diperbuat. Ceritanya memang sangat sederhana, akan tetapi pesan yang disampaikan sangat baik untuk anak.

Berdasarkan beberapa hal yang telah disampaikan di atas. Ternyata banyak tugas perkembangan yang dapat dilakukan dalam menonton film Jim Jam dan Sunny.

MARI KITA TANYAKAN TOPIK INI KEPADA MISTER HVIGRUST??????

Menurut Havighurst (dalam Hurlock, 1980) tugas perkembangan pada masa anak-anak yang dapat dilakukan :
a) Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainanyang umum.
b) Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari
c) Mencapai kebebasan pribadi.

TENTANG WARNA DAN PERKEMBANGAN ANAK ????

Ternyata warana merah, kuning, dan biru mampu merangsang gerak motorik serta perkembangan otak anak. Namun jika mereka sudah beranjak besar, misalnya usia 4-11 tahun, warna yang cocok adalah warna sekunder dan warna muda. Alasan, agar anak dapat terdorong untuk lebih tenang.
Dan Film Jim Jam danSunny mampu menampilkan sebuah lingkungan bewarna yang bermanfaat bagi perkembangan anak.


2. MEDIA FILM KARTUN LITTLE EINSTEIN



Sama halnya seperti yang dijelaskan sebelumnya. Film ini mengandung berbagai unsur yang sangat menarik bagi anak-anak dan penuh dengan pengetahuan. Akan tetapi pengetahuan yang diberikan cenderung pada pengetahuan musikalitas dan pengetahuan umum seperti sejarah dan lain-lain.
Berdasarkan hasil penelitian bebarapa ahli. Musik klasik seperti yang digunakan dalam film ini mampu merangsang perkembangan otak dengan sangat baik. Jadi dampak yang ditimbulkan ketika anak senang menonton film ini adalah kemampuan kognitifnya untuk menyimpan memori sebanyak-banyaknya akan meningkat karena kapasitas otaknya juga meningkat.

Manfaat lain yang didapat adalah banyak pengetahuan umum yang disampaikan dalam film ini seperti pengetahuan tentang berbagai kebudayaan mesir seperti tulisan haeroglift, adanya spinx, pyramid dan sungai nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Untuk beberapa ini adalah pengetahuan tambahan yang dapat menunjang pendidikannya di sekolah. Selain itu juga diceritakan tentang tembok china dan berbagai kegiatan budaya yang dilakukan oleh orang china.


1. Animisme merupakan bagian dari pikiran praoperasional berupa keyakinan bahwa (gelman dan opfer, 2004). Hak itu di sebabkan karena anak-anak masih terlalu belia dan tidak terlalu memikirkan hal-hal yang nyata. Gambar-gambar kartun dalam film ini bersifat fantastis. Pada tahap ini anak memiliki sebuah keyakinan bahwa sebuah objek yang tidak bisa bertindak secara nyata menjadi dapat bertindak.


Seperti yang terdapat pada film kartun ini : anak little enstein menolong sebuah hileograf untuk keluar dari pyramid emas di mesir, dengan melalui pertolongan dari sebuah alat harpa emas, berbicara dengan patung sphinx. Bertemu dengan sebuah laying-layang naga merah kecil, bertemu dengan pesawat ungu dan menolong mereka semua dengan melakukan interaksi dengan objek-objek itu. Pada film ini objek-objek itu di anggap memiliki kehidupan. Yang sebenarnya hal itu sangat tidak dapat diterima oleh akal dan bersifat fantastis, karena semua itu sebenarnya benda mati dan tidak dapat bertindak.

2. Intuintif merupakan sebuah pemikiran anak-anak dengan menggunakan pemikiran sendiri tentang duniannya, namun anak tidak terlalu baik dalam memikirkan hal-hal yang lebih lanjut kerena anak pada usia ini merasa kesulitan untuk memikirkan dan memahami kejadian yang disadarinya terjadi, tetapi tidak dilihatnya. Anak-anak tampaknya sangat yakin dengan pengetahuan dan pemahaman yang mereka miliki, namun tidak sadar bagaimana mereka mengetahui apa yang mereka ketahui. Anak-anak megetahui pegetahuan itu namun tidak menggunakan pemikiran yang rasional.


Seperti : pengetahuan tentang sungai nil dan piramid emas itu berada di mesir, namun tidak dapat memikirkannya secara rasional, menolong pesawat ungu yang tidak bisa terbang, mereka yakin dapat menolong pesawat ungu itu terbang tinggi namun tidak memikirkannya secara rasional, mereka melakukannya dengan bertepuk yang keras dan beryanyi dengan nada yang lebih tinggi agar pesawat ungu itu dapat terbang lebih tinggi lagi. Begitu pula dengan laying-layang naga. Mereka mengetahui sesuatu namun memperoleh pengetahuan itu tanpa menggunakan pengetahuan yang rasional.

Berdasarkan hasil penelitian bebarapa ahli. Musik klasik seperti yang digunakan dalam film ini mampu merangsang perkembangan otak dengan sangat baik. Jadi dampak yang ditimbulkan ketika anak senang menonton film ini adalah kemampuan kognitifnya untuk menyimpan memori sebanyak-banyaknya akan meningkat karena kapasitas otaknya juga meningkat.


Manfaat lain yang didapat adalah banyak pengetahuan umum yang disampaikan dalam film ini seperti pengetahuan tentang berbagai kebudayaan mesir seperti tulisan haeroglift, adanya spinx, pyramid dan sungai nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Untuk beberapa ini adalah pengetahuan tambahan yang dapat menunjang pendidikannya di sekolah. Selain itu juga diceritakan tentang tembok china dan berbagai kegiatan budaya yang dilakukan oleh orang china.


KESIMPULAN

Saya lebih menyukai film Jim Jam dan Sunny dbanding fil little Einstein. Hal ini dikarenakan ceritanya yang ringan namun memberikan banyak pesan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan seorang anak. Setting ceritanya pun sesuai dengan kehidupan anak-anak pada umumnya.
sedangkan film little adalah kemasan cerita yang cenderung canggih seperti 4 anak kecil yang sudah dapat membuat sebuah roket canggih dan menguasai banyak keterampilan yang tidak dimiliki anak-anak pada umumnya serta tidak menggambarkan dunia anak pada umumnya. Dan ceritanya terlalu setengah-setengah. Untuk sebagian anak usia pra sekolah, film ini terlalu berisi hal-hal yang tinggi. Akan tetapi untuk beberapa anak usia sekolah atas cerita ini agak membosankan.



Sama halnya seperti yang dijelaskan sebelumnya. Film ini mengandung berbagai unsur yang sangat menarik bagi anak-anak dan penuh dengan pengetahuan. Akan tetapi pengetahuan yang diberikan cenderung pada pengetahuan musikalitas dan pengetahuan umum seperti sejarah dan lain-lain.
Berdasarkan hasil penelitian bebarapa ahli. Musik klasik seperti yang digunakan dalam film ini mampu merangsang perkembangan otak dengan sangat baik. Jadi dampak yang ditimbulkan ketika anak senang menonton film ini adalah kemampuan kognitifnya untuk menyimpan memori sebanyak-banyaknya akan meningkat karena kapasitas otaknya juga meningkat.
Manfaat lain yang didapat adalah banyak pengetahuan umum yang disampaikan dalam film ini seperti pengetahuan tentang berbagai kebudayaan mesir seperti tulisan haeroglift, adanya spinx, pyramid dan sungai nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Untuk beberapa ini adalah pengetahuan tambahan yang dapat menunjang pendidikannya di sekolah. Selain itu juga diceritakan tentang tembok china dan berbagai kegiatan budaya yang dilakukan oleh orang china.
1. Animisme merupakan bagian dari pikiran praoperasional berupa keyakinan bahwa (gelman dan opfer, 2004). Hak itu di sebabkan karena anak-anak masih terlalu belia dan tidak terlalu memikirkan hal-hal yang nyata. Gambar-gambar kartun dalam film ini bersifat fantastis. Pada tahap ini anak memiliki sebuah keyakinan bahwa sebuah objek yang tidak bisa bertindak secara nyata menjadi dapat bertindak.
Seperti yang terdapat pada film kartun ini : anak little enstein menolong sebuah hileograf untuk keluar dari pyramid emas di mesir, dengan melalui pertolongan dari sebuah alat harpa emas, berbicara dengan patung sphinx. Bertemu dengan sebuah laying-layang naga merah kecil, bertemu dengan pesawat ungu dan menolong mereka semua dengan melakukan interaksi dengan objek-objek itu. Pada film ini objek-objek itu di anggap memiliki kehidupan. Yang sebenarnya hal itu sangat tidak dapat diterima oleh akal dan bersifat fantastis, karena semua itu sebenarnya benda mati dan tidak dapat bertindak.
2. Intuintif merupakan sebuah pemikiran anak-anak dengan menggunakan pemikiran sendiri tentang duniannya, namun anak tidak terlalu baik dalam memikirkan hal-hal yang lebih lanjut kerena anak pada usia ini merasa kesulitan untuk memikirkan dan memahami kejadian yang disadarinya terjadi, tetapi tidak dilihatnya. Anak-anak tampaknya sangat yakin dengan pengetahuan dan pemahaman yang mereka miliki, namun tidak sadar bagaimana mereka mengetahui apa yang mereka ketahui. Anak-anak megetahui pegetahuan itu namun tidak menggunakan pemikiran yang rasional.
Seperti : pengetahuan tentang sungai nil dan piramid emas itu berada di mesir, namun tidak dapat memikirkannya secara rasional, menolong pesawat ungu yang tidak bisa terbang, mereka yakin dapat menolong pesawat ungu itu terbang tinggi namun tidak memikirkannya secara rasional, mereka melakukannya dengan bertepuk yang keras dan beryanyi dengan nada yang lebih tinggi agar pesawat ungu itu dapat terbang lebih tinggi lagi. Begitu pula dengan laying-layang naga. Mereka mengetahui sesuatu namun memperoleh pengetahuan itu tanpa menggunakan pengetahuan yang rasional.
Berdasarkan hasil penelitian bebarapa ahli. Musik klasik seperti yang digunakan dalam film ini mampu merangsang perkembangan otak dengan sangat baik. Jadi dampak yang ditimbulkan ketika anak senang menonton film ini adalah kemampuan kognitifnya untuk menyimpan memori sebanyak-banyaknya akan meningkat karena kapasitas otaknya juga meningkat.
Manfaat lain yang didapat adalah banyak pengetahuan umum yang disampaikan dalam film ini seperti pengetahuan tentang berbagai kebudayaan mesir seperti tulisan haeroglift, adanya spinx, pyramid dan sungai nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Untuk beberapa ini adalah pengetahuan tambahan yang dapat menunjang pendidikannya di sekolah. Selain itu juga diceritakan tentang tembok china dan berbagai kegiatan budaya yang dilakukan oleh orang china.


KESIMPULAN

Saya lebih menyukai film Jim Jam dan Sunny dbanding fil little Einstein. Hal ini dikarenakan ceritanya yang ringan namun memberikan banyak pesan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan seorang anak. Setting ceritanya pun sesuai dengan kehidupan anak-anak pada umumnya.
sedangkan film little adalah kemasan cerita yang cenderung canggih seperti 4 anak kecil yang sudah dapat membuat sebuah roket canggih dan menguasai banyak keterampilan yang tidak dimiliki anak-anak pada umumnya serta tidak menggambarkan dunia anak pada umumnya. Dan ceritanya terlalu setengah-setengah. Untuk sebagian anak usia pra sekolah, film ini terlalu berisi hal-hal yang tinggi. Akan tetapi untuk beberapa anak usia sekolah atas cerita ini agak membosankan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar