Kamis, 17 Juni 2010




CHILDREN AND FRIENDSHIP

Tahap perkembangan hubungan sebaya pada masa kanak-kanak
• Usia 3 – 12 tahun à anak lebih suka menghabiskan waktu dengan teman bermain sejenis kelamin
• Masuk SD à anak bermain, berkelompok & membina persahabatan
• Gender mempengaruhi komposisi, ukuran dan interaksi di dalamnya à anak perempuan berkelompok 2 – 3 orang banyak terlibat percakapan kolaboratif, anak laki-laki berkelompok lebih banyak bermain permainan kasar, kompetitif, mengambil resiko
Hubungan orangtua-anak dengan teman sebaya
• Orangtua mempengaruhi hubungan sebaya :
• Melatih anak cara bersosialisasi
• Mengatur kehidupan anak & kesempatan berinteraksi
• Keputusan gaya hidup dasar orangtua

PEER STATUS : status yang diberikan pada berbagai tipe anak dalam sebuah peer.
● Popular children yakni status yang diberikan kepada seorang anak dalam peer yang dianggap istimewa serta dikenal oleh semua orang. Anak tipe ini sangat mudah diterima oleh teman sebayanya.
Contoh :
Edward dalam film twiligt
● Neglected children adalah status yang diberikan pada anak yang kurang diperhatikan dalam lingkungan peernya. Anak dalam tipe ini biasanya pendiam dan kurang dapat bergaul dengan lingkungan peernya. Sehingga teman dalam peernya tidak peduli dengan segala sesuatu yang dilakukan oleh anak tipe ini karena dianggap tidak menarik. anak tipe ini muda diterima tidak tapi mudah ditolak oleh peer juga tidak
Contoh :
Suatu hari saya bertemu dengan teman sekelas saya ketika smp. Dia menyapa saya dan menyatakan bahwa dia adalah teman sekelas saya. Namun, saya merasa tidak memiliki teman saperti dia. Dan ketika saya buka buku tahunan smp saya ternyata dia memang teman sekelas saya.
● Rejected children adalah status yang dibeikan pada anak yang tidak dsukai oleh anggota peernya. Beberapa alasan yang mungkin terjdi adalah adanya bagian dari anak ini yang dianggap tidak cocok dengan identitas peernya. Mungkin anaknya terlalu nakal, terlalu culun, atau memiliki kekurangan fidik dan psikis lainnya.
Contoh :
Saya memiliki seorang teman yang berasal dari Makassar. Anak ini memiliki tipe orang yang asal bicara ceplas ceplos tanpa memikirkan hal tresebut terlalu kasar atau menyakitkan orang lain. Perilaku ini yang menyebabkan sebagia teman saya suka memarahi bahkan mengejek anak ini. Anak ini adalah anak tipe rejected peers.
● Controversial children yakni status yang diberikan anak yang seringkali melakukan hal-hal menakjubkan atau menggemparkan di lingkungan peernya. Anak tipe ini banyak dibicarakan dan dikenal oleh teman-temannya. Berbeda dengan popular children, anak tipe ini tidak serta merta disukai semua orang. Beberapa anak mungkin dapat menerima anak ini. Namun, ada juga anak yang tidak suka dengan anak tipe ini.
FUNGSI PERTEMANAN
6 fungsi pertemanan :
● Companionship (spend time & collaborative activities)
Teman dijadikan tempat untuk berbagi dan menghabiskan waktu bersama. Fungsi ini biasanya dpat dilakukan karena adanya kesamaan hobi atau kesamaan lainnya.
● Stimulation (interesting information)
Teman dijadikan tempat untuk mendapatkan informasi karena informasi yang diberikan dianggap penting. Misal :
Ketika seorang anak ingin terlihat hebat ketika berhasil mendapatkan nilai bagus dalam ujian. Dan kemudian dia berteman dengan seorang anak yang sangat pintar di kelasnya. Tujuannya agar dia bisa belajar dari anak ini agar bisa mendapatkan nilai yang bagus.
● Physical support
Fungsi dimana seorang berteman dengan temannya karena temannya mampu memberikan dukungan fisik kepadanya. Dukungan fisik ini dapat berupa apapun seprti uang, tenaga dan lain-lain.
Missal : si A berteman dengan si B karena si B suka mentraktir si A
● Ego support (encourage, feedback)
Seorang berteman dengan seorang lain karena temannya mampu memebrikan dukungan yang baik melalui kata-katanya dan lain-lain. Misalnya :
Ketika si A curhat tentang pacarnya yang selingkuh di belakangnya kepada si B. kemudian si B mampu memberikan solusi yang tepat bagi masalahnya serta mampu membukakan mata hatinya dan pikirannya. Maka si A akan senang berteman dengan si B ini karena si B mampu memberikan dukungan yang tepat bagi dirinya ketika si A gundah.
● Social comparison (is it ok?)
● Intimacy & affection (warm & close relationship)
Adalah sebuah hubungan pertemanan yang sangat dekat. Hingga seorang teman menunjukkan real selfnya kepada teman terdekatnya ini. fungsi dari pertemanan ini adalah seorang teman akan merasa hangat dan nyaman ketika berada di dekat teman dekatnya ini.
Bullying
• Bullying à perilaku verbal & fisik yang dimaksudkan untuk mengganggu seseorang yang lebih lemah
• Yang paling sering terjadi à diejek tentang tampang atau cara bicara
• Yang menjadi korban bullying à anak cemas, menarik diri dan agresif
FENOMENA PERTEMANAN
Fenomena pertemanan yang terjadi di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai media. Media ini dapat dilakukan secara langsung atau melalui media seperti internet.
Dan di jaman sekarang ini fenomena pertemanan ini perlu mendapatkan sebuah pengamatan yang khusus. Banyak sekali terjadi kasus salah pergaulan mengakibatkan banyak remaja terjebak dalam pergaulan bebas, narkoba, atau hal-hal mengerikan lainnya. Sehingga orang tua diharpakan mampu memberikan pengawasan yang terbaik agar anak tidak berada di sebuah pertemanan yang buruk.
Namun ternyata ada fenomena pertemanan lainnya yang memiliki dampak yang positif seperti sekelompok pertemanan yang mampu menjuarai berbagai bidang sains yang dilakukan oleh masyarakat. Sehingga setiap pertemanan dengan karakteristik yang berbeda mampu memberikan dampak yang berbeda pula.
JEJARING SOSIAL?
Jaman sekarang seperti face book atau dulu Friendster sedang menjamur di masyarakat. Dari tua hingga muda berlomba-lomba memiliki account jejaring social ini. mereka memiliki tujuan dan harapan masing-masing dengan bergabungnya dalam jejaring social ini.
Pertama-tama kita perlu melihat apa sih kelebihan sebuah jejaring social?
Beberapa orang bilang, wah kita bisa punya banyak temen, wah aku bisa cari gebetan lewat face book, aku mau cari temen masa kecil aku. Jika dilihat-lihat efek positif jejaring social itu banyak sekali ya. Mungkin ini sebabnya banyak orang membuka account di jejaring social ini.
Selanjutnya … memang ada kerugiannya?
Banyak sekali pihak-pihak tidak bertanggung jawab menjadikan jejaring social sebagai media untuk memperjual belikan wanita tuna susila. Selain itu jejaring social juga dijadikan sebagai media penipuan. Banyak kasus terjadi ,anak-anak belia kabur dari rumah dengan teman yang dikenalnya melalui face book. Ironis sekali bukan.
Sekarang tinggal bagaimana peran serta masyarakat dalam menyikapi hal ini. masyarakat mungkin bisa menuntut pemerintah untuk meblokir jejaring social di Indonesia. Namun sepertinya dirasa kurang adil. Karena banyak juga masyarakat yang mampu menggunakan jejaring social dengan baik dan bermanfaat bagi mereka dari berbagai hal. Sekarang yang diperlukan bagi siapapun terutama orang tua dari anak yang senang menggunakan jejaring social adalah mengajarkan anaknya untuk menanggapai dan mengunakan situs jejaring social dengan baik…….
Sekiann…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar